STRUKTUR KURIKULUM MI, MTS, MA


BAB V

TABEL STRUKTUR KURIKULUM
MADRASAH IBTIDAIYAH, MADRASAH TSANAWIYAH,
DAN MADRASAH ALIYAH



I.    TABEL STRUKTUR KURIKULUM
 MADRASAH IBTIDAIYAH

Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
I
II
III
IV, V,
dan VI
A. Mata Pelajaran




     1. Pendidikan Agama Islam




         a. Al-Qur'an-Hadis



2
         b. Akidah-Akhlak



2
         c. Fikih



2
         d. Sejarah Kebudayaan Islam



2
     2. Pendidikan Kewarganegaraan



2
    3. Bahasa Indonesia



5
    4. Bahasa Arab



2
    5. Matematika



5
    6. Ilmu Pengetahuan Alam



4
    7. Ilmu Pengetahuan Sosial



3
    8. Seni Budaya dan Keterampilan



4
    9. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan



4
B. Muatan Lokal *)



2
C. Pengembangan Diri **)



2
J u m l a h
31
31
33
39

Keterangan:
1.       Pembelajaran  pada kelas I s.d. III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan  pada kelas IV s.d. VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
2.    *)    Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi 
              daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
3.    **)  Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta
               didik  untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan
               pendidikan (madrasah).











II.  TABEL STRUKTUR KURIKULUM
MADRASAH TSANAWIYAH



K o m p o n e n
Kelas dan Alokasi Waktu
VII
VIII
IX
A. Mata Pelajaran



     1. Pendidikan Agama Islam



         a. Al-Qur'an-Hadis
2
2
2
         b. Akidah-Akhlak
2
2
2
         c. Fikih
2
2
2
         d. Sejarah Kebudayaan Islam
2
2
2
     2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
    3. Bahasa Indonesia
4
4
4
    4. Bahasa Arab
2
2
2
    5. Bahasa Inggris
4
4
4
    6. Matematika
4
4
4
    7. Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4
    8. Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
    9. Seni Budaya
2
2
2
   10. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
   11. Keterampilan/TIK
2
2
2




B. Muatan Lokal *)
2
2
2
C. Pengembangan Diri **)
2
2
2
J u m l a h
42
42
42

Keterangan:
*)      Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan
         potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
**)    Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan
         peserta didik  untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi
         satuan pendidikan (madrasah).















III.  TABEL STRUKTUR KURIKULUM
 MADRASAH ALIYAH


1.      Kelas X

K o m p o n e n
Alokasi Waktu


Semester 1
Semester 2




 A.  Mata Pelajaran




      1.   Pendidikan Agama Islam




            a. Al-Qur'an-Hadis
2
2


            b. Akidah-Akhlak
2
2


            c. Fikih
2
2


            d. Sejarah Kebudayaan Islam
-
-


      2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2


      3.   Bahasa Indonesia
4
4


      4.   Bahasa Arab
2
2


      5.   Bahasa Inggris
4
4


      6.   Matematika
4
4


      7.   Fisika
2
2


      8.   Biologi
2
2


      9.   Kimia
2
2


    10.   Sejarah
1
1


    11.   Geografi
1
1


    12.   Ekonomi
2
2


    13.   Sosiologi
2
2


    14.   Seni Budaya
2
2


    15.   Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2


    16.   Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2


    17.   Keterampilan/Bahasa Asing
2
2


 B.  Muatan Lokal *)
2
2


 C.  Pengembangan Diri **)
2
2


J u m l a h
46
46



Keterangan:
*)    Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri
       khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).


**)  Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan
       kesempatan peserta didik  untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat,
       minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).


      







2.      Program IPA

K o m p o n e n
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
 A.  Mata Pelajaran




      1.   Pendidikan Agama Islam




            a. Al-Qur'an-Hadis
2
2
2
2
            b. Akidah-Akhlak
2
2
-
-
            c. Fikih
2
2
2
2
            d. Sejarah Kebudayaan Islam
-
-
2
2
      2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
      3.   Bahasa Indonesia
4
4
4
4
      4.   Bahasa Arab
2
2
2
2
      5.   Bahasa Inggris
4
4
4
4
      6.   Matematika
4
4
4
4
      7.   Fisika
4
4
4
4
      8.   Kimia
4
4
4
4
      9.   Biologi
4
4
4
4
    10.   Sejarah
1
1
1
1
    11.   Seni Budaya
2
2
2
2
    12.   Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
2
    13.   Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
    14.   Keterampilan/Bahasa Asing
2
2
2
2
 B.  Muatan Lokal *)
2
2
2
2
 C.  Pengembangan Diri **)
2
2
2
2
J u m l a h
45
45
45
45

Keterangan:
*)    Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan
       potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
**)  Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan
       peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi
       satuan pendidikan (madrasah).
      






















3.      Program IPS

K o m p o n e n
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
 A.  Mata Pelajaran




      1.   Pendidikan Agama Islam




            a. Al-Qur'an-Hadis
2
2
2
2
            b. Akidah-Akhlak
2
2
-
-
            c. Fikih
2
2
2
2
            d. Sejarah Kebudayaan Islam
-
-
2
2
      2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
      3.   Bahasa Indonesia
4
4
4
4
      4.   Bahasa Arab
2
2
2
2
      5.   Bahasa Inggris
4
4
4
4
      6.   Matematika
4
4
4
4
      7.   Sejarah
3
3
3
3
      8.   Geografi
3
3
3
3
      9.   Ekonomi
4
4
4
4
    10.   Sosiologi
3
3
3
3
    11.   Seni Budaya
2
2
2
2
    12.   Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
2
2
    13.   Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
    14.   Keterampilan/Bahasa Asing
2
2
2
2
 B.  Muatan Lokal *)
2
2
2
2
 C.  Pengembangan Diri **)
2
2
2
2
J u m l a h
45
45
45
45

Keterangan:
*)     Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan
        potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah)
**)   Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan
        peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi
        satuan pendidikan (madrasah).
       









Komentar

  1. Casinos Near Harrah's Resort and Casino - MapYRO
    Find Casinos Near 광양 출장안마 Harrah's Resort and Casino, Stateline in 속초 출장안마 real-time and see activity. You can also explore other 충청북도 출장안마 nearby landmarks 여주 출장마사지 such 경산 출장안마 as

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MTS DARUL ULUM NGALIYAN SEMARANG

PERMENAG RI NO.2 TH. 2008, TTG SKL-SI PAI DAN B.ARAB